Frequently Asked Questions

Halaman ini tentang hal-hal yang sering ditanyakan pada gBilling. Halaman ini akan terus di-update sesuai pertanyaan-pertanyaan yang sering didapatkan.

001. Mengapa perlu menambahkan client, tidak otomatis?
002. Client tidak bisa melakukan koneksi, apa yang salah?
003. Program ini tidak stabil dan tidak lengkap, payah!
004. Mengapa menggunakan C, GTK+, dan SQLite?
005. Mengapa mau mengembangkan free software di negara ini?
006. Saya ingin menjadi developer gBilling, bagaimana caranya?
007. Program ini sangat membantu, saya ingin melakukan donasi, bagaimana caranya?
008. Bagaimana cara melaporkan bug?
009. Apakah gBilling mendukung LTSP (Linux Terminal Server Project) ?

001. Mengapa perlu menambahkan client, tidak otomatis?

Ini sebenarnya untuk keamanan gBilling, server harus tahu client-client mana saja yang bisa dilayani. Membuka server untuk bisa diakses oleh setiap client bisa berbahaya, client bisa saja membuat virtual host lalu melakukan DoS (Denial of Service) yang akan membuat server sangat sibuk dan menghabiskan resource server. Ini juga untuk memberikan fleksibilitas untuk mengatur nama client dan alamat IP client.

Catatan: Banyak billing komersial yang menawarkan fitur ini, ini mungkin untuk memudahkan pengaturan. Saya tidak tahu dengan pasti model server mereka (karena tidak bisa melihat kode programnya). Tapi, saya telah melakukan DoS ke salah satu server billing komersial tersebut dengan melakukan koneksi terus-menerus. Hasilnya, server tersebut tidak bisa melayani request client lainnya alias server busy ;p.

TOP

002. Client tidak bisa melakukan koneksi, apa yang salah?

Pastikan client tersebut telah terkoneksi dengan benar dan telah ditambahankan dalam daftar client server. Untuk mengecek koneksi client, gunakan program seperti ping.

TOP

003. Program ini tidak stabil dan tidak lengkap, payah!

Kami tidak pernah menyuruh dan meminta uang anda untuk menggunakan gBilling. Jadi, jika anda merasa gBilling tidak baik untuk warnet anda, gunakan program billing lainnya.

TOP

004. Mengapa menggunakan C, GTK+, dan SQLite?

Oke, pertanyaan yang baik ;p. Karena gBilling dibuat untuk sistem apa saja (UNIX: Linux, BSD, MacOS atau Microsoft Windows), gBilling harus menggunakan library-library yang bisa berjalan dimana saja. Tidak mungkin menulis gBilling dalam bahasa Visual Basic, bahasa tersebut hanya untuk Windows (walaupun ada binding Visual Basic untuk Linux) dan tidak berguna di UNIX. Bagaimana dengan bahasa scripting seperti PHP?, bisa saja, tapi program kita akan lemah di system call seperti interaksi dengan kernel, window manager (X Server) sehingga PHP tidak cocok untuk menulis aplikasi desktop (kami tahu ada PHP-GTK). Untuk GUI (Graphical User Interface) digunakan GTK+, GTK+ adalah GUI yang sangat terkenal di UNIX, bisa berjalan dihampir semua sistem UNIX dan Windows. GTK+ adalah software bebas (LGPL) sehingga distribusinya juga bebas untuk kita gunakan. Dan untuk database, SQLite juga adalah software bebas (public domain), kecil, cepat dan sangat fleksibel untuk embedded database system. Semua library-library ini digunakan untuk kebebasan modifikasi dan distribusi gBilling.

TOP

005. Mengapa mau mengembangkan free software di negara ini?

Kata orang, mengembangkan free software atau software bebas di negara ini tidak ada gunanya, berbeda dengan di luar sana, yang mana orang lain akan sangat tertarik untuk melakukan kontribusi seperti menjadi developer, melaporkan bug, menulis dokumentasi, donasi, dan sebagainya. Orang-orang di negara ini hanya tertarik untuk memakai saja. Kata-kata ini ada benarnya, karena saya sudah merasakannya ;p. Tapi kita tidak bisa begitu saja menyalahkan ini, ada unsur politik (i hate politics!). Di negara ini sudah biasa disuap dengan software bajakan, pendidikan yang mono-sistem (hanya tergantung pada satu sistem), dan sebagainya. Bagaimana bisa berkreasi jika pembajakan di sana-sini, bagaimana bisa berkontribusi jika di mata kuliah hanya diajarkan Windows, Visual Basic, dan Microsoft Offices. Saya sebenarnya tidak perduli dengan kata-kata di atas, saya hanya cinta menulis program dan menikmatinya.

TOP

006. Saya ingin menjadi developer gBilling, bagaimana caranya?

Silahkan, anda bisa berkontribusi menjadi developer dengan merubah gBilling (coding) menjadi lebih baik lagi, anda bisa membuat artwork (logo, wallpaper, dll.), anda bisa membuat dokumentasi gBilling (dokumentasi adalah hal yang tidak kalah penting dari program itu sendiri), gBilling telah ditulis sejelas mungkin untuk memudahkan programmer untuk mengerti cara kerjanya, dengan syarat programmer telah terbiasa dengan pemrograman multiplatform baik UNIX atau Microsoft Windows, dan mengenal API library-library yang digunakan gBilling, kami tentunya akan membantu jika anda mempunyai pertanyaan tentang programming di gBilling, tapi kami tidak bisa membantu anda bagaimana menulis kode C, menggunakan compiler, IDE, GNU Build Tools (make, automake, autoconf, libtool) karena hal ini sangat mendasar. Kunjungi forum gBilling untuk informasi selanjutnya.

TOP

007. Program ini sangat membantu, saya ingin melakukan donasi, bagaimana caranya?

gBilling adalah program bebas, anda bisa memakai, memodifikasi, dan mendistribusi dengan gratis. Seperti dengan program bebas lainnya yang tetap ada karena dukungan dana dari pemakainya, gBilling juga sangat membutuhkan donasi, donasi akan dipakai untuk pengembangan program ini lebih lanjut seperti untuk membeli sistem-sistem operasi yang belum di uji coba, dan membantu developer untuk membayar biaya-biaya yang dikeluarkan ketika menulis gBilling. Berapapun dana yang anda sumbangkan pastinya akan sangat berguna untuk pengembangan program ini.

Catatan: Saat ini gBilling belum mempunyai sarana untuk sistem pembayaran secara online, anda bisa melakukan donasi dengan menulis email ke developer untuk instruksi selanjutnya. Nama dan warnet anda akan ditulis pada halaman donatur website dan pada program gBilling itu sendiri seperti berikut ini:

Rony Hacker – Hackspeed NET
Mall Overflow Lt. 3, Jl. Kramat Raya No. 75, Jakarta Pusat, 10433

Kami tidak akan menampilkan jumlah dana yang anda berikan.

TOP

008. Bagaimana cara melaporkan bug?

Kirim bug yang anda dapatkan ke developer gBilling atau post bug tersebut ke forum gBilling. Pastikan bug yang anda laporkan belum ada di daftar bug, dan anda harus yakin kalau itu bug, bukan fitur ;p. Sertakan pesan kesalahan yang anda dapatkan untuk mempermudah pemeriksaan program.

TOP

009. Apakah gBilling mendukung LTSP (Linux Terminal Server Project) ?

Tidak tahu, karena kami belum pernah mencoba gBilling di sistem jaringan Linux berbasis LTSP. LSTP menggunakan DHCP server untuk mengkonfigurasi client dan bekerja seperti pada sistem network konvensional, gBilling sepertinya bisa dengan mudah dikembangkan untuk mendukung LTSP.

TOP